Kemarin, istri saya mengabari kalau HP-nya mati total. Hmm, saya langsung kepikiran sudah saatnya ganti HP :D. Katanya, HP mati setelah menyalakan Bluetooth. Duh, kenapa ini? Kupikir karena dibanting sama Olid atau konektor slider-nya putus.


Sony-Ericsson-Xperia-mini-pro-picture-5

Sesampainya di rumah saya nyalakan HP-nya. HP masih bisa menyala, bukan mati total sebenarnya. Hanya saja tak lama kemudian layar meredup dan akhirnya restart. Begitu seterusnya, restart – nyala – layar redup – restart lagi. Waduh… Kenapa pula ini? Dalam pikiran saya terbayang skenario untuk install ulang atau reset HP, kalau tidak bisa baru dibawa ke tukang servis.

Baiklah. Saya kemudian mencoba install ulang (atau lebih tepatnya repair) Androidnya. Caranya dengan menggunakan software Sony PC Companion, kemudian Update atau Repair. Ternyata, PC Companion hanya bisa bekerja kalau HP menyala. Lah ini restart terus. Tiap restart koneksi putus. Gimana bisa repair?

Akhirnya mencoba bertanya ke Paman Google. Menggunakan kata kunci “layar xperia mini pro mati”. Nggak ketemu solusi. Lalu mencoba “hard reset xperia mini pro”, mencari cara gimana cara hard reset, siapa tahu ada tombol rahasia yang bisa ditekan. Eh, malah ketemu postingan di forum xda-developers [Q] Xperia Mini St15i continuosly rebooting. Ada pertanyaan dari member mengenai HP-nya, Xperia Mini yang selalu reboot. Dia sudah mencoba berbagai cara dengan safe mode reboot dan seperti yang saya lakukan, mencoba repair menggunakan PC Companion – tapi selalu gagal. Xperia-nya mengalami hal tersebut setelah dia menghidupkan Bluetooth. Masalahnya sama dengan Xperia Mini pro istri saya. Ok, berarti nggak cuma saya yang mengalami masalah ini. Tanggapan dari member lainnya adalah agar mencoba melakukan rooting atau flashing. Saya coba telusuri bagaimana caranya melakukan itu. Saya merasa itu cukup rumit (apalagi browsingnya udah larut malam, ngantuuuk). Lagi pula, untuk flashing mesti pilih opsi Enable USB Debugging. Lah, mana bisa. Baru buka menu, beberapa saat kemudian HP restart. Saya give up aja. Mending mencari ganti yang pas buat Xperia mini pro. Hihihihihi… Tapi, yah… Uang melayang lagi. Akhirnya diputuskan untuk membawanya ke tukang servis, kalau memang tidak terselamatkan ya beli terpaksa beli baru.

Saya masih penasaran dengan si Xperia ini. Logika saya, kalau masalahnya gara-gara nyalain Bluetooth, berarti kalau Bluetooth-nya dimatiin, masalah mungkin hilang. Jadi, selama restart terus itu, Bluetooth masih menyala. Yah, tinggal beradu cepat saja sama restart-nya. Saya mencoba mematikan Bluetooth dari switch widget, tapi tak berhasil. Sudah dipencet tombol Bluetooth-nya tapi nggak mau mati, eh keburu restart lagi. Lalu mencoba dengan Menu – Setting – Bluetooth. Kelamaan, keburu restart. Akhirnya dengan meningkatkan kesiapsiagaaan, diboba dari notification – Seeting – Bluetooth. Bluetooth berhasil dimatikan. Daaaaan, HP tidak restart lagi. Solved, untuk sementara. Nggak jadi ke tukang servis, nggak jadi beli HP baru. Ini masih menyisakan masalah, kalau suatu saat Bluetooth dihidupkan lagi, masalah bisa timbul lagi. Untuk sementara, jangan menghidupkan Bluetooth dulu.

Spesifikasi Xperia Mini pro: Android 4.04, firmware terbaru (lupa kodenya). Gara-gara kasus ini, karena bukan cuma saya yang mengalami, jadi agak parno mau beli Sony Xperia U atau P. Xperia U dan P secara default masih Gingerbread 2.3.6. Xperia mini pro juga Gingerbread, lalu saya upgrade ke 4.0 ICS. Nah, saya cuma khawatir Xperia U atau P nanti mengalami hal yang sama kalau diupgrade ke 4.0 ICS. Yang punya Xperia U/P, bagaimana? Apa terbukti kekhawatiran saya? Semoga tidak, ya.

Advertisements