Tags

Kemarin, Ducati mengumumkan bahwa Rossi akan meninggalkan Ducati pada akhir musim 2012. Sementara itu, Yamaha mengumumkan bahwa Rossi akan membalap bersama mereka pada musim depan. Rossi akhirnya kembali ke Yamaha! Menyerah dengan Desmosedicinya?

Saya termasuk yang berharap Rossi bisa juara dunia bersama Ducati. Dengan juara bersama Ducati, itu akan menjadi satu capaian yang luar biasa. Menjari juara dunia dengan 3 pabrikan berbeda, dengan motor yang nature-nya berbeda dengan Honda dan Yamaha, juara dunia orang Italia dengan motor Italia, dll…

Yah, harapan tinggal harapan. Rossi sudah tidak tahan di Ducati dan akhirnya memutuskan kembali ke pelukan Yamaha. Oke, mari berharap Rossi masih bisa memberikan yang terbaik bersama Yamaha. Walaupun mungkin hanya menjadi pebalap kedua karena sudah ada Jorge Lorenzo, namun setidaknya Rossi memegang motor yang kompetitif.

Di sisa musim ini, mari kita lihat kiprah Rossi bersama Ducati. Sebagai seorang profesional tentu dia akan tetap memberikan yang terbaik bagi Ducati. Walapun masa depan sudah terjamin, semoga ia tidak angin-anginan membalapnya, begitu juga dengan pengembangan motor — yang musim depan akan menjadi lawannya. Menurut saya, arah pengembangan motor Ducati menjadi menarik. Sejak kehadiran Rossi, Ducati telah menempuh berbagai cara untuk membuat Desmosedici menjadi kompetitif. Namun sejauh ini hasilnya belum tampak. Pasukan Ducati masih tertinggal dari Honda dan Yamaha, bahkan dengan tim satelit mereka. Di sisa musim ini, apakah Ducati dapat memaksimalkan peran Rossi untuk pengembangan motor — yang akan menjadi lawan Rossi sendiri musim depan? Akankah Ducati musim depan menjadi lebih baik? Apakah Rossi akan kembali berjaya bersama Yamaha? Waktu yang akan menjawabnya.

Akhirnya, sepertinya semua ini tersimpul bahwa “You need a good bike to be a champion”. Bagaimana, Rossi?

Advertisements