Tags

, ,

Versi terbaru sistem operasi buatan Microsoft, Windows 8, tak lama lagi Insya Alloh dirilis. Saat ini, Windows 8 Release Preview (RP) bisa diunduh dan dicoba-coba oleh penggunanya. Karena penasaran dengan Windows 8, saya membeli majalah PC Media edisi 7/2012. Apa hubungannya? Bonus DVD edisi tersebut adalah Windows 8 RP.

Yup! Mari kita bahas bagaimana sih Windows 8 itu? Tentu bukan dari sisi reviewer profesional. Namun cuma sekilas saja, hanya apa yang tampak. Cekidot!

1. Tampilan Start Menu berubah!

Sebagaimana yang sudah tampak di awal-awal bocoran gambar screenshot Windows 8, Start Menu yang biasa kita lihat sejak Windows XP (atau mungkin Windows2 sebelumnya) sekarang berubah total. Start Menu Windows 8 mirip dengan homescreen Windows Phone. Well, bagi yang pertama kali menggunakan Windows 8, dan belum terbiasa dengan Windows phone (yang saya sendiri juga belum tahu yang ini, :D); mungkin akan bingung. Di Start Menu atau mungkin lebih tepat disebut homescreen, tidak terdapat daftar semua program yang diinstal sebagaimana biasanya pada Windows XP, Vista, hingga 7. Hanya terdapat kotak-kotak yang menampilkan ikon Mail, People, IE, dsb; serta sebagian program/aplikasi yang diinstall.homescreen

Lalu bagaimana kita mengakses aplikasi yang sudah diinstall? Sejauh ini saya baru tahu dua cara. Pertama, dengan mengetik nama aplikasi di homescreen. Ketik aja, maka akan muncul tampilan pencarian. Yang kedua, klik kanan pada homescreen maka akn muncul ikon All Apps pada pojok kanan bawah. Lalu tinggal cari aplikasi yang hendak dibuka.

Search

Apps

2. User Interface Tidak Banyak Berubah

Dibandingkan dengan Windows 7, user interface Windows 8 tidak lah banyak perbedaan, hampir sama. Masih menggunakan Windows Aero yang serba transparan.

Desktop

Tampilan desktop tidak banyak berubah. Tapi, di mana tombol start menu?

Explorer

Tampilan Windows Explorer

Interface Microsoft Office 2010 menginspirasi banyak aplikasi lain. Termasuk Windows Explorer pada Windows 8, sekarang menggunakan tabbed menu seperti di Office.

Tombol Start Menu tak nampak lagi di taskbar. Lalu bagaimana kalau mau membuka aplikasi? Hmm, untuk kembali ke Start Menu/Homescreen caranya adalah dengan mengarahkan mouse ke pojok di mana biasanya tombol start menu berada. Baru deh kemudian muncul ikon yang bila diklik akan membuka Start Menu. Cara lain adalah dengan menekan tombol logo Windows pada keyboard.

3. Sidebar Tersembunyi

image

Jika kita mengarahkan mouse ke bagian kanan layar, lalu menggeser ke atas atau ke bawah, maka muncullah semacam sidebar (apa dock?). Sebagaimana gambar di atas, sidebar menampilkan fungsi Search, Share, Start, Devices, dan Settings, serta status jaringan, baterai, dan waktu.

Bikin Bingung

Meskipun masih banyak terdapat kemiripan dengan Windows 7, namun menurut saya ada banyak hal yang sama sekali baru dengan bagaimana cara bekerja dengan Windows 8 ini, terutama dengan Start Menu/Homescreen-nya. Saya pikir, Start Menu/Homescreen ini lah yang membedakan secara signifikan Windows 8 dengan Windows 7 dari sisi tampilannya. Windows 8, selain dirancang untuk desktop PC juga dirancang untuk digunakan pada tablet PC (atau mungkin juga smartphone?). Nah, Start Menu/Homescreen itu terasa banget kalau dia dioptimalkan untuk tablet (serta sejumlah aplikasi baru di Windows 8 yang sepertinya dikembangkan dari Windows Phone seperti Mail, People, Store, Calendar, Music, Video, Weather, Camera, dan Maps). Beberapa aplikasi itu tampil seperti aplikasi untuk tablet. Tidak ada window seperti aplikasi biasanya, nggak ada tombol minimize, maximixe, dan close. Pun ketika diklik kanan, tidak ada menu ‘Quit’ atau keluar dari aplikasi. Ini membingungkan. Apakah aplikasi itu kalau idle akan berhenti sendiri? Saya belum tahu. Hal ini membuat saya seperti menggunakan 2 sistem operasi, satunya tablet, satunya PC – yang saya pikir konsep interfacenya berbeda.

So far, begini lah Windows 8 dari sisi penampilan/apa yang tampak. Mengenai kinerja, fitur-fitur baru, tidak bisa saya ulas. Nggak tahu bagaimana mengulasnya. Hehehe…

Oiya, versi Release Preview yang saya pakai ini berlaku sampai 15 Januari 2013. Diinstall dengan menimpa Windows 7 yang bercokol lebih dulu. Apa nggak sayang dengan Windows 7-nya? You know us so well lagh… Hehehe. Windows 8 ini kayaknya nggak menyediakan opsi untuk diinstal berdampingan dengan versi Windows sebelumnya. Tapi untungnya, kita bisa memindahkan file dan aplikasi dari Windows lama ke Windows 8 pada saat instalasinya.

Kalau saya boleh simpulkan, Windows 8 ini tidak banyak berbeda dengan Windows 7 dari sisi penampilannya. Jadi, kalau mengharap tampilan Windows 8 menjadi makin keren daripada Windows 7 sebaiknya jangan berharap. Hehehe

Advertisements